Dari sudut pandang
organisasi, manajemen koperasi pada prinsipnya terbentuk dari tiga unsur:
anggota, pengurus, dan karyawan. Dapat dibedakan struktur atau alat
perlengkapan organisasi yang sepintas adalah sama yaitu: Rapat Anggota,
Pengurus, dan Pengawas. Untuk itu, hendaknya dibedakan antara fungsi organisasi
dengan fungsi manajemen. Unsur Pengawas seperti yang terdapat pada alat
perlengkapan organisasi koperasi, pada hakekatnya adalah merupakan perpanjangan
tangan dan anggota, untuk mendampingi Pengurus dalam melakukan fungsi kontrol
sehari-hari terhadap jalannya roda organisasi dan usaha koperasi. Keberhasilan
koperasi tergantung pada kerjasama ketiga unsur organisasi tersebut dalam
mengembangkan
organisasi dan usaha koperasi, yang dapat memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada anggota.
organisasi dan usaha koperasi, yang dapat memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada anggota.
Dan sudut pandang proses, manajemen
koperasi lebih mengutamakan demokrasi dalam pengambilan keputusan. Istilah satu
orang satu suara (one man one vote) sudah mendarah daging dalam organisasi
koperasi. Karena itu, manajemen koperasi ini sering dipandang kurang efisien,
kurang efektif, dan sangat mahal. Terakhir, ditinjau dan sudut pandang gaya
manajemen (management style), manajemen koperasi menganut gaya partisipatif
(participation management), di mana posisi anggota ditempatkan sebagai subjek
dan manajemen yang aktif dalam mengendalikan manajemen perusahaannya.
badan usaha koperasi di Indonesia memiliki
manajemen koperasi yang dirunut berdasarkan perangkat organisasi koperasi,
yaitu:
·
Rapat anggota, pengurus, pengawas, dan
pengelola.
Telah diuraikan
sebelumnya bahwa, watak manajemen koperasi ialah gaya manajemen partisipatif.
Pola umum manajemen koperasi yang partisipatif tersebut menggambarkan adanya
interaksi antar unsur manajemen koperasi. Terdapat pembagian tugas (job description)
pada masing-masing unsur. Demikian pula setiap unsur manajemen mempunyai
lingkup keputusan (decision area) yang berbeda, kendatipun masih ada lingkup
keputusan yang dilakukan secara bersama (shared decision areas)
Adapun lingkup
keputusan masing-masing unsur manajemen koperasi adalah
sebagai berikut
sebagai berikut
·
Rapat Anggota merupakan pemegang kuasa
tertinggi dalam menetapkan kebijakan umum di bidang organisasi, manajemen, dan
usaha koperasi. Kebijakan yang sifatnya sangat strategis dirumuskan dan
ditetapkan pada forum Rapat Anggota. Umumnya, Rapat Anggota diselenggarakan
sekali setahun.
·
Pengurus dipilih dan diberhentikan oleh
rapat anggota. Dengan demikian, Pengurus dapat dikatakan sebagai pemegang kuasa
Rapat Anggota dalam mengoperasionalkan kebijakan-kebijakan strategis yang
ditetapkan Rapat Anggota. Penguruslah yang mewujudkan arah kebijakan strategis
yang menyangkut organisasi maupun usaha.
·
.Pengawas mewakili anggota untuk
melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan kebijakan yang dilaksanakan oleh
Pengurus. Pengawas dipilih dan diberhentikan oleh Rapat Anggota. OIeh sebab
itu, dalam struktur organisasi koperasi, posisi Pengawas dan Pengurus adalah
sama.
·
Pengelola adalah tim manajemen yang
diangkat dan diberhentikan oleh Pengurus, untuk melaksanakan teknis operasional
di bidang usaha. Hubungan Pengelola usaha (managing director) dengan pengurus
koperasi adalah hubungan kerja atas dasar perikatan dalam bentuk perjanjian
atau kontrak kerja.
·
Plaining : mampu merencanakan segala
kebutuhan koperasi baik di bidang hukum dan usaha -organisasi : mampu
mengorganisasikan seluruh sumber daya koperasi secara maksimal -actuating :
mampu memimpin dan menggerakan seluruh sumberdaya yang dimiliki koperasi dengan
baik dan benar -coordinating : mengcoordinasikan semua sumberdaya yang di
miliki koperasi dengan baik dan benar -controling : mampu mengontrol dan
mengawasi seluruh kegiatan koperasi dengan jujur dan amanah - memiliki sifat
mental yang baik : jujur, amanah, bertanggung jawab, dan mau bekerja keras
serta terbuka terhadap seluruh anggota. c) Karyawan : -disiplin -jujur -amanah
-mau bekerja keras -kemampuan di bidangnya -Terbuka dan cakap -bertanggung
Dalam
pembuatan perencanaan hendaknya dapat diikutkan berbagai pihak untuk memperoleh
masukan (input) agar lebih sempurna. Dengan adanya partisipasi, perusahaan akan
memperoleh manfaat ganda, karena disamping rencana menjadi lebih baik, juga
dapat menambah semangat kerja para karyawan ( karena merasa ).
Manfaat Perencanaan Bagi Organisasi a. Sebagai
alat pengawasan dan penegndalian kegiatan
Ø Untuk
memilih dan menetapkan skala prioritas .
Ø Untuk
mengarahkan dan menuntuk pelaksanaan kegiatan
Ø Untuk
mengurangi dan menghadapi ketidakpastian (uncertainly)
Ø Mendorong tercapainya tujuan, misalnya
kesejahteraan anggota, memperluas usaha dsb
- nilai koperasi tersebut maka
keberhasilan koperasi dalam melaksanakan perannya antara lain, ditujukan :
a.
Membangun dan meningkatkan peran dan partisipasi anggota. Anggota koperasi
sebagai modal utama dari koperasi, maju atau mundurnya kinerja koperasi akan
ditentukan oleh peran aktif anggota baik sebagai pemodal (pemilik), nasabah
(konsumen) serta sebagai penerima manfaat atau dengan kata lain anggota adalah
raja. Ini adalah relaita dalam perkoperasian karena anggota sebagai pemilik
koperasi memeberikan makna bahwa anggota memiliki hak penuh dalam menentukan
diterima atau disetujuinya perencanaan usaha yang diajukan oleh pengurus dan
pengawas dalam forum rapat anggota. Sikap loyal anggota karena memiliki
koperasi dapat ditumbuhkan memlalaui kegiatan perencanaan usaha koperasi sejak
awal, program kegiatan pendidikan dan pelatihan untuk anggota yang terpola dan
berkesinambungan. Hal ini selain membuka cakrawal wawasan bagi anggota koperasi
juga membangun watak koperasi (budaya) dari anggotanya.
b.
Membangun kemampuan pengleola dan kaderisasi pengurus pengelola atau pengurus
koperasi (termasuk juga jajaran structural dibawahnya ). Pengelola atau
pengurus koperasi ( termasuk juga jajaran structural dibawahnya) harus memiliki
kemampuan kepemimpinan, kewirausahaan, professional serta terutama memiliki
kejujuran. Pengurus dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya mampu
menghasilkan pelayanan yang dapat memberikan manfaat kepada anggotanya ( baik
aspek manfaat fisik, ekonomi Maupin manfaat psikologis ). Manajemen koperasi
difokuskan menjadi manajemen yang efisien dan efektif, dan memiliki nilai –
nilai manajemen sesuai jati diri koperasi,
pedoman
pengelolaan organisasi dan bisnis koperasi atau system operating dan procedure.
c.
Memiliki kesehatan keuangan keberhasilan dan kegagalan koperasi dapat dilihat
sehat atau tidaknya keuangan koperasi, tingkat kesehatan keuangan koperasi
mencerminkan juga kesehatan usaha, organisasi, manajemen serta sehatnya
kualitas pelayanannya kepada anggota. Keadaan keuangan dialporkan secara
berkala sesuai kaidah – kaidah akuntansi, terbuka dan bertanggung jawab. Untuk
itu peran aktif pengurus membangun koordinasi pengawasan ( internal ) dengan
badan pengawas Koperasi harus menganut system pengawasan atau pendektisian dini
( early warning system ), mengkoreksi dan memperbaiki sedini mungkin masalah
keuangan koperasi sebelum kerugian menjadi beban yang harus dipikul oleh anggota
karena kesalahan procedural ( mismanagement ) oleh pengelola.
d. Membangun kemitraan antar koperasi dan
kemitraan koperasi dengan pihak Badan Usaha lain Mengahadapi trend bisnis ( era
pasar bebas ) dan kemajuan teknologi yang semakin pesat, koperasi sejak dini
sudah harus melakukan penyesuaian dan antisipasi pengambagan usahanya dengan
melakukan kerjasama antar koperasi ( memabngun sinergi ) untuk memiliki
bargening position dengan mengutamakan kekuatan pasar ( captive market )
anggotanya; karena keberhasilan hanya dapat diraih secara bersama untuk
kepentingan yang sama, saat ini momentum untuk mewujudnyatakan kekuatan yang
dimiliki koperasi melalui kerjasama kemitraan. Mendorong koperasi juga menjalin
kersama kemitraan dengan pihak lain, seperti Badan Usaha Milik Negara/Daerah,
swasta dalam negeri maupun swasta asing, perlu dilaksanakan secara sungguh –
sungguh, agar koperasi dapat dan mampu memasuki perdagangan international,
maupun dapat secara bersama – sama membangun jejaring usaha.
What is the Best Emperor Casino | Shootercasino
BalasHapusThe Best Emperor Casino is a top-quality casino and has been around since 2020. If you 제왕카지노 want to know more about why this casino is the best of